Senin, 23 November 2015


Memasarkan bisnis rumahan anda di internet membutuhkan perencanaan, persiapan dan pekerjaan untuk mengubah website menjadi perusahaan yang ramai dengan memiliki banyak pengunjung. Setiap kali kita bertanya ke seorang pemilik bisnis rumahan tentang bagaimana mereka memasarkan produk-poduknya hingga ke luar Negeri, jawaban yang sering kita dengar adalah “saya menggunakan website”. Sementara itu, cara yang baik untuk mulai memasarkan bisnis di internet tidak cukup hanya memiliki website, dan berpikir orang akan datang dengan sendirinya berkunjung. Tak peduli bagaimanapun bagusnya website anda, jika tanpa kunjungan, itu sama dengan tidak memiliki website. Jadi, artikel ini akan memberi anda beberapa tips dasar yang bisa anda gunakan untuk menarik pengunjung lebih banyak dari sebelumnya.

SEO (Search Engine Optimization)
Salah satu cara yang patut anda coba untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung website adalah memahami dan menerapkan search engine optimization. SEO adalah istilah sederhana yang meliputi bagaimana membuat website dan mendapatkan lebih banyak pengunjung melalui search engine atau mesin pencari. Contoh untuk melakukan pencarian adalah, ketiklah “bisnis rumahan” atau kata apapun yang biasanya diketikkan orang di google. Apakah website anda muncul di urutan lima besar? Website yang mengoptimalkan kata kunci “bisnis rumahan” akan muncul di halaman depan. Ada jutaan orang yang mencari anda! Menurut Hamadoun Toure, ketua badan telekomunikasi PBB, jumlah pengguna internet di seluruh dunia sudah mencapai angka dua milyar. Selain itu, riset market yang diterbitkan comScore pada bulan November 2009, menyatakan bahwa Google adalah search engine yang mendominasi pasar Amerika, dengan pangsa pasar 65,6%. Jadi mari kita gunakan sedikit informasi ini dan kita renungkan di rumah. Jika anda tahu apa yang harus anda lakukan dengan kata kunci dan membuat website bisnis rumahan anda ada di halaman pertama search engine, berapa banyak jumlah bisnis yang bisa anda miliki? Berapa banyak uang yang bisa anda dapat dari menjual produk afiliasi? Seperti apa penghasilan bisnis rumahan anda jika sepersepuluhnya 1% dari dua milyar orang mampir untuk mengunjungi website anda? Abaikan dulu tentang bagaimana cara ini bisa bekerja!Ada berbagai teknik pembangkit traffic yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan pengunjung ke website anda, tapi berapa banyak diantaranya yang sering digunakan oleh mayoritas pengguna internet? Pernahkan anda mendapat pertanyaan dari seorang teman atau rekan kerja tentang sesuatu yang anda tidak tahu? Mungkin anda menjawab “carilah di Google!”
Ada lima komponen khusus yang harus diperhatikan ketika anda ingin melakukan optimasi mesin pencari:
·         Riset kata kunci
·         Konten
·         Optimasi on page
·         Optimasi off page
·         Struktur website


Jika anda memberikan perhatian lebih di setiap komponen tersebut, anda bukan hanya memiliki website yang selalu diperlihatkan oleh search engine, tapi anda akan mendapatkan limpahan traffic organik dan penghasilan yang bisa diandalkan. Lalu bagaimana dengan pemasaran melalui situs iklan baris? Mungkin anda sering mendengar bahwa situs iklan baris bisa meningkatkan traffic website anda. Tapi ada satu perbedaan yang harus anda tahu. Yaitu, apa yang membuat mereka mengakses situs iklan baris dan apa alasan mereka menggunakan search engine? Situs iklan baris sering digunakan untuk memasang iklan. Dengan kata lain, mereka menggunakan situs tersebut untuk menjual (bukan membeli). Menjual sesuatu di tempat orang yang tidak ingin membeli sama seperti menjual es ke suku Eskimo (orang yang tinggal di kutub utara). Kira-kira apa yang terjadi? Bayangkan sendiri! Akan tetapi, sebagian besar orang yang “browsing” melalui search engine biasanya mencari informasi lebih lanjut tentang produk yang akan mereka beli atau paling tidak hanya mengumpulkan suatu informasi.  Mudah-mudahan informasi yang kami sajikan ini bisa mengingatkan anda bahwa melakukan optimasi search engine itu penting untuk profitabilitas bisnis rumahan anda di internet.

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Adsense Maker | Blogger Theme by Lare Glundengan